14-KAYU PULE/PULAI


Nama latin : Alstonia Spp.

Pohon Pulai sering dianggap sebagai pohon keramat yang dihuni Roh-roh halus, bentuk pohon menyerupai pohon karet (penghasil getah karet) dan biasa tumbuh didaerah kering dengan tinggi pohon mencapai 50 meter, deameter batang sampai dengan 2 meter.
Bentuk batang lurus berwarna kelabu, daunnya rimbun berwarna hijau mengkilat serta melebar kesamping jadi sangat cocok bila dijadikan sebagai pohon peneduh.
Sifat kayunya lunak, berwarna kuning keputihan dan mudah melengkung bila digunakan untuk bahan bangunan, untuk itu secara umum Kayu Pule hanya cocok untuk dibuat perkakas rumah tangga seperti : mainan anak-anak, papan gambar, ukiran patung dan topeng.

Dalam pengobatan herbal Pohon Pule dapat dimanfaatkan untuk :
- Getah Pule digunakan untuk mematangkan asbes (bengkak) pada kulit.
- Kulit Pule untuk obat radang tenggorokan.
- Daun Pule untuk obat demam, penurun tekanan darah, diabetes, nyeri dibagian dada dan mengurangi rasa sakit.

Khusus di Jawa Timur kayu Pule paling sering dibuat Topeng Panji, Topeng Bantengan, Topeng Barongan dan Topeng Kesenian lainnya yang berhubungan dengan makhluk halus, karena dipercaya dengan menggunakan Topeng yang terbuat dari Kayu Pule akan mempermudah para pemainnya untuk kerasukan bangsa jin.

Menurut kepercayaan banyak orang Pohon Pule biasanya dihuni oleh Raja Jin, dan biasanya dibagian tengah dari pohon ini digunakan untuk menyimpan mustikanya, sedang dalam dunia metafisika Kayu Pule dianggap mempunyai daya potensi supernatural yang berguna untuk :
= Menolak energi negatip dalam rumah atau pekarangan.
= Mengobati kesurupan dan mengusir roh-roh jahat dengan cara dicambukkan

Informasi : http//kertabaya.blogspot.com
Pemesanan :

WA/Hp.08816287016

Komentar

Posting Komentar